This is default featured slide 1 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured slide 2 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured slide 3 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured slide 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured slide 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

Sabtu, 15 Juni 2013

UAS SOSIOLOGI PENDIDIKAN



UAS Sosiologi Pendidikan
FAKULTAS TARBIYAH IAIN RADEN FATAH PALEMBANG
MATA KULIAH : SOSIOLOGI PENDIDIKAN
HARI/JAM : Senin dan Rabu, /10.30-12.10 dan 08.50-10.30 

RUANG/KELOMPOK: BA 04 dan BA 05/10-26-1 dan 10-26-2
DOSEN : YULIA TRI SAMIHA, M.Pd
KETERANGAN : KUMPULKAN  20 Juni 2013


SOAL
1. Ada berbagai model analisis sosiologi tentang pendidikan: model struktural fungsional, konflik, interaksi simbolik, pertukaran, dramaturgi, dan “new sociology of education”. Tampak bahwa setiap model itu dalam menganalisis suatu permasalahan memberikan gambaran yang berlainan. Setiap model hanya mampu menganalisis dengan baik bagian yang diamatinya. Tak pernah ada yang mampu menghasilkan gambaran yang menyeluruh. Sebagaimana dimaklumi, disekolah atau dalam institusi pendidikan umumnya berlangsung pewarisan nilai-nilai, ada dominasi dan pemaksaan, ada pendekatan simbolik, ada prinsip pertukaran, dan sebagainya secara serempak.

Jelaskan model -model tersebut ? dan bagaimana cara prosesnya dalam pembelajaran di kelas ? serta penggunaannya yang tepat ? lalu apa juga yang dimaksud dengan “new sociology of education”?

2. Sehubungan dengan peran pendidikan dalam perubahan sosial ada beberapa gejala atau kecenderungan problematis yang perlu mendapat perhatian. Pertama, banyak orang dari pedesaan agraris yang mampu menyekolahkan anak-anaknya di kota dalam bidang non agrikultur. Setelah selesai pendidikan anak anak atau pemuda itu tidak mau kembali ke desanya karena merasa tidak cocok lagi dengan lingkingan dan cara hidup agraris desanya. Kebanyakan orang tua merekapun tidak siap lagi menerima anak-anaknya yang telah menjadi orang terpelajar itu kembali ke lapangan kerja dibidang agraris. Mereka berharap agar anak-anaknya itu mendapat lapangan kerja di bidang lain, di kantor atau perusahaan, yang lebih produktif dan terhormat. Maka terjadilah urbanisasi untuk keperluan mencari kesempatan kerja dan lapangan kerja. Akan tetapi kedua kesempatan itu tidak selalu cukup tersedia. Oleh karenanya berlangsunglah persaingan yang ketat dan yang kadang kadang menyimpang ke arah yang kurang sehat. Desa mengalami “ brain drain” yang berarti bahwa peningkatan pendidikan formal dikalangan warga desa tidak secara penuh berfungsi dalam perubahan sosial pada masyarakat setempat.

Sebagai seorang pendidik bagaimana anda menyikapi persoalan diatas ? dan apa yang harus dibenahi dalam proses pembelajaran di kelas ? Bila anda menjadi guru di desa tersebut pemahaman apa yang akan saudara sampaikan kepada orang tua-orang tua di desa tersebut?

3. Kecenderungan yang berkembang pada masyarakat kita dewasa ini adalah “gandrung gelar akademis”. Dorongan untu mendapatkan gelar kesarjanaan mengatasi dorongan untuk memperolah ilmu pengetahuan yang bermutu. Hal tersebut berakibat pada pemalsuan ijazah, kecurangan-kecurangan dalam ujian, dan berdirinya lembaga-lembaga pendidikan yang hanya memenuhi persyaratan minimal, atau “permainan” dalam kualifikasi. Dalam keadaan demikian pendidikan tidak melaksanakan fungsinya yang optimal sebagai pelaku perubahan sosial, atau secara salah diartikan sebagai bukti peran pendidikan sebagai pelaku peran konservasi.

Kalau keadaannya demikian, bagaimana sebetulnya peranan pendidikan itu ? Apakah pendidikan bisa menjadi agen perubahan ? Beri alasan bila anda menjawab ya atau bila anda menjawab tidak ? lalu strategi apa yang harus kita lakukan untuk membenahi fungsi pendidikan tersebut ?



4. Selamat bekerja semoga sukses

UAS IBD ISD



UJIAN AKHIR SEMESTER
FAKULTAS TARBIYAH IAIN RADEN FATAH PALEMBANG

MATA KULIAH : IBD/ISD
HARI/JAM BELAJAR : Senin/08.50-10.30 wib
RUANG/KELOMPOK : BM 02/12-22-2
DOSEN : Yulia Tri Samiha M.Pd
KETERANGAN : KUMPULKAN KAMIS 20 JUNI 2013


PERTANYAAN:

1. Dilema antara kepentingan individu dan kepentingan masyarakat adalah pertanyaan dan persoalan yang sering muncul dalam masyarakat. Kepentingan manakah yang harus saya utamakan, kepentingan selaku individu atau kepentingan masyarakat tempat saya hidup bersama? Terdapat dua pandangan dalam masyarakat yang akhirnya muncul sebagai paham atau aliran yang dipegang dalam masyarakat, pandangan individualisme dan pandangan sosialisme. Coba anda jelaskan dilema antara kepentingan individu dan masyarakat ini ditinjau juga dari kedua paham diatas?

2. Manusia dalam pemenuhan hidupnya akan berinteraksi dengan manusisa lain, masyarakat akan berhubungan dengan masyarakat lain, demikian pula terjadi hubungan antar persekutuan hidup manusia dari waktu ke waktu dan terus berlangsung sepanjang kehidupan manusia. Kehidupan yang ada ikut pula mengalami dinamika seiring dengan dinamika pergaulan hidup sebagai pemilik kebudayaan. Berkaitan dengan hal tersebut kita mengenal adanya pewarisan kebudayaan, perubahan kebudayaan dan penyebaran kebudayaan. Coba anda jelaskan arti dan makna dari:
a.. Pewarisan kebudayaan
b.. Perubahan kebudayaan
c. Penyebaran kebudayaan

3. Globalisasi, termasuk globalisasi budaya saat ini tengah melanda diri bangsa Indonesia. Apakah menurut anda globalisasi budaya itu berdampak positif atau negatif bagi manusia Indonesia? Berikan alasan yang jelas ?

4. Arnold Y.Toynbee, sejarawan asal Inggris mengatakan lahirnya peradaban itu diuraikan dengan teori challenge and respons. Peradaban itu lahir sebagai respons (tanggapan)  manusia yang dengan segenap daya upaya dan akalnya menghadapi, menaklukkan, dan mengolah alam sebagai tantangan (challenge) guna mencukupi kebutuhan dan melestarikan kelangsungan hidupnya.
a. Apakah setiap kebudayaan akan menghasilkan peradaban ?
b.apakah peradaban mengalami perkembangan, berikan contohnya.
c. Sebutkan ciri ciri dari masyarakat adab atau berkeadaban?

5. Selamat bekerja semoga sukses

UAS MET PEMBELAJARAN IPSMI



UJIAN AKHIR SEMESTER
FAKULTAS TARBIYAH IAIN RADEN FATAH PALEMBANG

MATA KULIAH : Metodologi Pembelajaran IPS MI
HARI/JAM BELAJAR : Senin/ 07.10 - 08.50 wib
RUANG/KELOMPOK : MI 04/11-27-2
DOSEN : Yulia Tri Samiha M.Pd
KETERANGAN : KUMPULKAN KAMIS, 20 JUNI 2013


PERTANYAAN:



1. Fakta, konsep dan generalisasi merupakan suatu rangkaian sistem yang saling berkaitan satu sama lain. Oleh karena itu ketiganya merupakan bahan kajian utama dalam Ilmu Pengetahuan Sosial. Coba anda jelaskan kedudukan atau peranan fakta, konsep dan generalisasi dalam Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) ? dan bagaimana keterkaitan antara fakta, konsep dan generalisasi ?

2. Sebutkan beberapa karakteristik pelapisan sosial  menurut Robin William ? dan jelaskan apa maksud pelapisan sosial bersifat tertutup (closed social stratification) ?

3. Coba anda kemukakan batasan tentang interaksi sosial menurut para ahli psikologi sosial? Dan kemukakan juga interaksi sosial bersifat proses sosial baik yang bersifat positif maupun yang bersifat negatif?

4. Terdapat beberapa hal yang berhubungan dengan fenomena fisik (lingkungan alam) dan fenomena manusia (lingkungan sosial). Coba anda jelaskan hal hal yang berhubungan dengan kedua fenomena tersebut dibawah ini
a. Jelaskan hakekat dari ekosistem ?
b. Jelaskan perbedaan aliran dalam hubungan manusia dengan alam lingkungannya yaitu antara  aliran fisis determinis dan posibilis ?
c. Jelaskan sejumlah respon manusia terhadap alam lingkungannya yang menimbulkan kebudayaan ?


5. Selamat bekerja semoga anda sukses

UAS MET PEMBELAJARAN IPS



UJIAN AKHIR SEMESTER
FAKULTAS TARBIYAH IAIN RADEN FATAH PALEMBANG

MATA KULIAH : Metodologi Pembelajaran IPS MI
HARI/JAM BELAJAR : Selasa/13.20 - 15.00
 RUANG/KELOMPOK : MI 03/ 11-27-1
DOSEN : Yulia Tri Samiha M.Pd
KETERANGAN : KUMPULKAN KAMIS 20 JUNI 2013


PERTANYAAN:

1. Generalisasi adalah sebuah pernyataan yang disusun dari sejumlah konsep yang membentuk makna tertentu dan masih perlu diuji atau dibuktikan kebenarannya melalui proses penelitian. Coba anda susun generalisasi untuk setiap disiplin ilmu masing masing dua buah ?

2. Manusia adalah merupakan satu kesatuan jiwa dan raga yang tak dapat dipisah- pisahkan satu sama lain. Abu Ahmadi mengemukakan bahwa seorang individu merupakan suatu sistem yang terdiri dari subsistem pisik-biologis dan sub mental-psikologis. Coba anda jelaskan mangapa manusia selaku individu memiliki suatu kepribadian ? dan jelaskan pula apa yang dimaksud dengan masyarakat ?

3. Pertanyaan yang diajukan oleh guru sebaiknya dipusatkan kepada dua permasalahan, pertama memfokuskan kepada ruang lingkup pertanyaan yaitu pertanyaan yang bersifat luas atau terbuka dan pertanyaan yang menyempit, kedua memfokuskan terhadap jumlah tugas yang harus dilakukan siswa sebagai akibat pertanyaan guru. Coba anda jelaskan dan berikan contohnya dari kedua pernyataan diatas ? 

4. Terdapat beberapa hal yang berhubungan dengan fenomena fisik (lingkungan alam) dan fenomena manusia (lingkungan sosial). Coba anda jelaskan hal hal yang berhubungan dengan kedua fenomena tersebut dibawah ini
a. Jelaskan hakekat dari ekosistem ?
b. Jelaskan perbedaan aliran dalam hubungan manusia dengan alam lingkungannya yaitu antara  aliran fisis determinis dan posibilis ?
c. Jelaskan sejumlah respon manusia terhadap alam lingkungannya yang menimbulkan kebudayaan ?


5. Selamat bekerja semoga anda sukses

UAS Met Pembelajaran IPS MI



UJIAN AKHIR SEMESTER
FAKULTAS TARBIYAH IAIN RADEN FATAH PALEMBANG

MATA KULIAH : Metodologi Pembelajaran IPS MI
HARI/JAM BELAJAR : Rabu./10.30-12.10
RUANG /KELOMPOK :MI 04/11-27-3
DOSEN : Yulia Tri Samiha M.Pd
KETERANGAN : KUMPULKAN KAMIS 20 JUNI 2013


PERTANYAAN:


1. Fakta, konsep dan generalisasi merupakan suatu rangkaian sistem yang saling berkaitan satu sama lain. Oleh karena itu ketiganya merupakan bahan kajian utama dalam Ilmu Pengetahuan Sosial. Coba anda jelaskan kedudukan atau peranan fakta, konsep dan generalisasi dalam Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) ? dan bagaimana keterkaitan antara fakta, konsep dan generalisasi ?


2. Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan uraian yang baik serta dilengkapi dengan contoh.
a. Jelaskan kondisi masyarakat dalam abad globalisasi ?
b. Mengapa teknologi informasi dapat memacu proses globalisasi ?
c. Program pembangunan macam apa yang perlu dikembangkan Indonesia dalam kerangka menghadapi globalisasi ?

3. Keterampilan bertanya terdiri dari keterampilan bertanya dasar dan keterampilan bertanya lanjut.( Bolla dan Pah,1984). Keterampilan bertanya dasar memiliki beberapa komponen yang perlu diterapkan dalam menyajikan pertanyaan sementara keterampilan bertanya lanjut merupakan lanjutan dari keterampilan bertanya dasar, yang lebih mengutamakan upaya mengembangkan kemampuan berpikir siswa agar terbiasa melakukan inisiatif sendiri. Dalam mengajukan pertanyaan kepada siswa saat proses pembelajaran sedang berlangsung terdapat beberapa syarat dalam mengajukan pertanyaan yang baik dan cara mengajukan pertanyaanpun harus memiliki ketentuan .Apa sajakah syarat dan ketentuannya dan sebutkan beberapa alasan mengapa seorang guru sangat penting mwmiliki keterampilan bertanya ?


4. Setiap generalisasi yang telah disusun dan dikembangkan masih perlu diuji kebenaran dan keabsahannya agar generalisasi tersebut tidak keliru dan dapat diterima dalam masyarakat. Oleh sebabb itu sebelum kita menguji suatu generalisasi maka perlu dipahami dulu beberapa karakteristiknya. Sebutkan dan jelaskanlah masing masing karakteristik tersebut?


5. Selamat bekerja semoga anda sukses