SATUAN ACARA PERKULIAHAN SOSIOLOGI PENDIDIKAN
A. PENGANTAR IDENTITAS
Nama Mata
Kuliah : SOSIOLOGI PENDIDIKAN
Jurusan
: PGMI, Matematika, Biologi, Bahasa Arab
Nama
Dosen
: Yulia Tri Samiha, MPd
Email
: yyyulia_samiha@yahoo.co.id
Blog
: yuliatrisamiha.blogspot.com
HP
: 08127815380
B. DISKRIPSI
MATA KULIAH SOSIOLOGI PENDIDIKAN
Mata kuliah
ini membahas tentang struktur dan proses-proses sosial yang terjadi dalam
pranata pendidikan serta kaitannya dengan pranata lainnya. Pendidikan ini tidak
hanya pendidikan formal melainkan juga pendidikan informal dan nonformal.
Materi yang dibahas dalam mata kuliah ini meliputi : Pengertian konsep
sosiologi pendidikan, pengertian pendidikan dan stratifikasi, pengertian
pendidikan mobilitas, pendidikan dan ekonomi, pendidikan dan perubahan sosial,
pendidikan dan profesionalisme, pendidikan dan aspek politik.
C.
KOMPETENSI
1. Tujuan pembelajaran
:
Setelah menempuh mata kuliah ini mahasiswa diharapkan:
a. Mampu
menjelaskan berbagai konsep pokok sosiologi pendidikan, ruang lingkup sosiologi
pendidikan
b. Mampu
menjelaskan proses sosial yang terjadi dalam pranata pendidikan serta kaitannya
dengan pranata lain seperti : Pendidikan dan stratifikasi serta pendidikan dan
mobilitas, pendidikan dan ekonomi, pendidikan dan perubahan sosial, pendidikan
dan profesionalisme, pendidikan dan aspek politik.
D. MATERI
NO
|
PERTEMUAN
|
DISKRIPSI
MATERI
|
1
|
I
|
1. Kontrak Perkuliahan
Kesepakanan kontrak mata kuliah, SAP,
Referensi mata kuliah.
2. Sosiologi pendidikan
Pengertian-pengertian konsep dan
ruang lingkup sosiologi pendidikan, tujuan dan manfaat mempelajari sosiologi
pendidikan, pentingnya mempelajari
sosiologi pendidikan
|
2
|
II
|
3. Peletak dasar sosiologi pendidikan
4. beberapa teori sosiologi yang menganalisis pendidikan
|
3
|
III
|
5. Perkembangan
konsep pendidikan dan klasifikasi
pendidikan
|
4
|
IV
|
6. Perkembangan
konsep pendidikan, pendidikan formal, pendidikan informal dan pendidikan non
formal
|
5
|
V
|
UTS
|
6
|
VI
|
7. Pendidikan dan stratifikasi serta pendidikan
dan mobilitas
|
7
|
VII
|
8. Sifat stratifikasi
sosial, hubungan antara status sosial keluarga
dengan pendidikan, diterminan mobilitas sosial, pendidikan sebagai saluran
mobilitas
|
8
|
VIII
|
9.
Pendidikan dan ekonomi
10. Kontribusi
pendidikan terhadap kesuksesan ekonomi.
11. Tantangan
dunia pendidikan di Indonesia saat ini (kasus)
|
9
|
IX
|
12.
Pendidikan dan perubahan sosial
13. Konsep-konsep
perubahan sosial,
14. Pendidikan
sebagai sosialisasi kebudayaan,
15. teori-teori
perubahan sosial budaya
|
10
|
X
|
16. Pendidikan dan profesionalisme
17. Ciri-ciri umum dari pekerjaan atau jabatan
sebagai
profesi, munculnya pengajaran
sebagai perkembangan,
profesionalisasi, organisasi
profesional
|
11
|
XI
|
18. Pendidikan
dan aspek politik
19. Makna
demokrasi, tantangan pendidikan
dalam pembangunan politik
|
12
|
XII
|
UAS
|
E. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Perkuliahan
dilakukan dalam bentuk presentasi dan diskusi kelas yang akan disampaikan oleh
dosen. Disamping itu mahasiswa diberi tugas mencari artikel dan meresume bahan
kuliah yang berkaitan dengan Sosiologi Pendidikan sesuai ketentuan dan
didiskusikan di dalam kelas.
F. REFERENSI
1. Adiwikarta,
Sudardja ( 1988 ) Sosiologi Pendidikan Isyu dan Hipotesis tentang Hubungan pendidikan dengan Masyarakat
2. Ahmadi,
Abu (1991) Sosiologi Pendidikan, Jakarta, Rineka Cipta
3. Dimyati,
Mahmud (1989) Dasar-Dasar Sosiologi Pendidikan, Jakarta, Departemen Pendidikan
dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.
4. Gunawan,
Ary, (2000) Sosiologi Pendidikan Suatu Analisis Sosiologi tentang Pelbagai
Problem Pendidikan, Jakarta, Rineka Cipta
5.Karsidi,
Ravik, (2005) Sosiologi Pendidikan, Surakarta, Penerbit Lembaga Pengembangan Pendidikan (LPPS) UNS dan UPT
Penerbitan dan Percetakan UNS
6. Jong De.
S. C. N (1984) Sosiologi Pendidikan, Jakarta .PT Sangkala
7. Manan,
Imran (1989) Dasar-Dasar Sosial Budaya Pendidikan, Jakarta (Departeman Pendidikan
dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.
.
8. Nasution
(1995) Sosiologi Pendidikan, Jakarta, Bumi Aksara
9. Qomari,
Anwar (2004) Profesi Jabatan Kependidikan dan Guru Sebagai Upaya Menjamin
Kualitas Pembelajaran, Uhamka Press
10. Robinson
Philip, (1981) Sosiologi Pendidikan, Jakarta, CV Rajawali
11. Swift,
F. D (1989) Sosiologi Pendidikan Pada Perspektif Pendahuluan Analitis, Jakarta, Penerbit Bharat
12. Sanafiah
, Faisal, Sosiologi Pendidikan, Surabaya, Usaha Nasional
13. Soetjipto
( (1994) Profesi KeguruanJakarta, Rineka Cipta
.
14. Sanderson
k Stephen (2000) Makro Sosiologi, Jakarta, PT Raja Grafindo Persada
15. Vemriarto
(1982 ) Sosiologi Pendidikan, Jogjakarta, Yayasan Paramita
16. Wuradji,
(1988) Sosiologi Pendidikan Sebuah Pendekatan Sosiologi-Antropologi,
Jakarta,
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Dirjen Pendidikan Tinggi
17. Oneil F
William, (2002) Idiologi-Idiologi Pendidikan, Pustaka Pelajar, Jogyakarta.
18. Zamroni,
( 2001) Pendidikan Untuk Demokrasi, Jogjakarta, Bigraf
G. EVALUASI
- Penilaian poses belajar
melalui pengamatan, observasi, tanya jawab, dan tugas.
- Penilaian hasil belajar
melalui tugas individu/kelompok.
- UTS
: 30 % (N1)
- UAS
: 40 % (N2)
- Penugasan : 20 % (N3)
- Performan
: 10 % (N4)