PROGRAM PASCASARJANA STISIPOL CANDRADIMUKA PALEMBANG
MANAJEMEN ADMINSTRASI PUBLIK
UJ1AN AKHIR SEMESTER I
MATA KULIAH : ETIKA PERILAKU ORGAN1SASI
HARI/JAM : JUMAT, 11 APRIL 2014
KELAS/RUANG : REGULER A
DOSEN : YULIA TRI SAMIHA
SOAL
L Ahmad Ridwan adalah wakil presiden pemanufakturan dan operasional dari
perusahaan farmasi berukuran sedang di Singapura. Ahmad Ridwan punya gelar
Ph.D. dalam bidang kimia, tetapi tidak terlibat secara langsung dalam
penelitian dan pengembangan produk baru selama 20 tahun. Ketika mulai
mengelola operasi, Ahmad Ridwan, yang semula “belajar keras” menjadi
“organisasi kerjasama”. Perusahaan tidak punya masalah pergantian
karyawan (turnover), tetapi jelas bagi Ahmad Ridwan dan personel manajemen
kunci bahwa orang yang bekerja perjam hanya bekerja delapan jam sehari.
Mereka tidak bekerja dengan potensi penuh. Ahmad Ridwan sangat sedih dengan
situasi tersebut karena dengan biaya yang meningkat, satu satunya jalan
bagi perusahaan agar dapat terus berhasil adalah meningkatkan
produktivitas orang yang bekerja perjam. Ahmad Ridwan memanggil manajer sumber daya manusia, Heriyanto dan berkata,
“apa yang terjadi dengan orang kita? Survei gaji menunjukkan bahwa kita
membayar paling tinggi di daerah ini, kondisi kira luar biasa, dan
benefit kita sangat menggiurkan. Tetapi orang masih belum termotivasi.
Sebenarnya apa yang mereka inginkan di dunia ini?” Heriyanto menjawab,
“Saya telah memberitahu anda dan presiden berkali kali bahwa uang,
kondisi, dan benefit tidaklah cukup. Karyawan juga memerlukan hal lain
agar termotivasi. Saya juga telah melakukan beberapa wawancara rahasia
dengan beberapa pekerja dengan upah perjam, dan mereka mengatakan bahwa
mereka tidak termotivasi karena tidak peduli betapa keras mereka
bekerja, mereka memperoleh gaji dan kesempatan yang sama dengan rekan
kerja yang hanya bekerja asal-asalan..”Ahmad Ridwan menjawab,” baiklah, anda
adalah ahli motivasi. Apa yang harus kita lakukan? Kita harus
meningkatkan kinerja mereka.”
1. Jelaskan”masalah motivasi” dalam organisasi tersebut dalam konteks
model kepuasan dari Maslow. Apa “hal lain” yang dimaksud oleh manajer
SDM dalam pembicaraan (selain uang, kondisi, dan benefit yang diperlukan
untuk memotivasi karyawan) ?
2. Bagaimana anda merespon pertanyaan dan pernyataan terakhir Ahmad Ridwan jika anda adalah manajer SDM di perusahaan tersebut ?
Senin, 16 Desember 2013
UAS EPO REGULER A 11 APRIL 2014
21.27
No comments
0 komentar:
Posting Komentar