SATUAN
ACARA PERKULIAHAN
MATA
KULIAH
METODOLOGI
PEMBELAJARAN IPS MI
Dosen
: Dra. Yulia Tri Samiha M.Pd
Email
: yyyulia-samiha@yahoo.co.id
Email
: yuliatrisamiha@gmail.com
Blog
: yuliatrisamiha.blogspot.com
HP
: 08127815380
FAKULTAS
TARBIYAH IAIN RADEN FATAH
PALEMBANG
2013
1. DISKRIPSI
Mata kuliah ini mengkaji tentang sejarah, pengertian,
konten (isi) dan pendekatan dalam pembelajaran ilmu pengetahuan social di Madrasah
Ibtidaiyah serta membantu intelektualitas dan keterampilan siswa dalam mengajar
bidang studi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di MI, dan membantu mahasiswa dalam
menerapkan perencanaan pembelajaran.
2. TUJUAN
Mata kuliah ini bertujuan untuk mempersiapkan
mahasiswa menjadi guru yang memiliki intelektualitas, pengetahuan dan
keterampilan untuk mengembangkan anak didiknya atau siswanya menjadi warga negara
yang baik yang memiliki sikap demokratis, serta mampu bersosialisasi di
tengah-tengah masyarakat. Selain itu melalui mata kuliah ini diharapkan
mahasiswa dapat :
- Mengembangkan kemampuan mahasiswa untuk bisa membantu siswanya mengembangkan dan membuat keputusan yang didasarkan pada pertimbangan rasional tertutama yang menyangkut tentang proses yang berkaitan dengan pembelajaran IPS di MI
- Mengenalkan berbagai pandangan dan hakekat tentang pendidikan ilmu pengetahuan social (IPS) di MI, serta mengembangkan filosofi pribadi tentang pengajaran IPS di MI
- Mengembangkan pandangan yang kritis dan sesuai dengan perkembangan zaman tentang tentang konten atau isi dari pembelajaran IPS MI.
- Meningkatkan pengetahuan, intelekktulitas serta keterampilan mahasiswa tentang konten dan isi dan proses dari pembelajaran IPS MI.
- Mengembangkan pandangan yang kritis terhadap berbagai pendekatan pembelajaran IPS MI guna memperbaiki kwalitas mengajar yang dilakukan oleh guru serta hasil belajar yang di dapat oleh siswa nantinya.
- Meningkatkan kebiasaan untuk mengikuti peristiwa-peristiwa masa kini (Current Events), pendidikan global dan kemajuan teknologi dalam konten pendidikan IPS di MI dan mengikuti isu-isu sosial secara global
- Meningkatkan keterampilan merencanakan pembelajaran IPS di MI dan mengajarkan IPS di MI sehingga mendorong siswa aktif dan kreatif dalam proses belajar mengajar di kelas sehingga menciftakan suasana yang kondusif dalam pembelajaran.
- Berlatih mengembangkan dan melakukan evaluasi belajar terhadap hasil belajar IPS MI .
Selain tujuan pengajaran di atas, diharapkan dengan mata
kuliah pendidikan IPS di MI mahasiswa mampu menjadi guru yang kreatif dan aktif
yang dapat mengakibatkan siswa menjadi tertarik dengan bidang studi IPS MI
3. MEDIA DAN SUMBER BELAJAR
1 Hassan, S.H,
(1996). Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
2 Bunyamin, dkk
(2005) pendidikan IPS di SD
3 Nursid
Sumaatmadja(2006) Konsep Dasar IPS, Jakarta, UT
4 NCSS (1994),
Curriculum standars for social studies :expectations of excellnt.
5.Bruce Joyce
(2000), Model of Teaching
6.OHP dan LCD
4. JADWAL
Pertemuan
|
Pokok Bahasan/ Sub Pokok Bahasan
|
1 dan 2
3 dan 4
5 dan 6
|
1.
Pembukaan (Pengembangan silabus Pendidikan IPS MI
2. Sejarah, Pengertian dan
Tujuan Manfaat Pendidikan IPS MI
- Sejarah IPS MI
- Pengertian Ilmu-Ilmu Sosial dan Ilmu
Pengetahuan Sosial
- Tujuan Ilmu Ilmu Sosial dan Ilmu Pengetahuan
Sosial
- Manfaat Ilmu-Ilmu Sosial dan ilmu
Pengetahuan Sosial
1.
Perkembangan, Definisi kurikulum dan Kurikulum IPS MI
- Perkembangan Kurikulum
- Pengertian dan jenis kurikulum
- Krikulum IPS MI tahun 2006
- Prinsip Pengembangan Kurikulum
2. Konten
dan Isi Kurikulum IPS MI
- Peristiwa
- Fakta
- Konsep
- Generalisasi
3. Konten
dan Isi kurikulum IPS MI
- Keterampilan
- Nilai
- Sikap
- Tindakan
4. Tugas Pengembangan Kurikulum IPS MI
1. Pendekatan pembelajaran
- Pengertian Pendekatan pembelajaran
- Pendekatan Pembelajaran Tradisonal
- Pendekatan Pembelajaran Konseptual
2. Berbagai pendekatan dalam IPS MI
- Pembelajaran Tematik Sebagai
Pendekatan pembelajaran untuk kelas I, II dan III IPS MI
- Pendekatan Pembelajaran Untuk Kelas IV,
V dan VI
3.
Pembelajaran Inquiri
|
Pertemuan
|
Pokok Bahasan/ Sub Pokok Bahasan
|
7 dan 8
|
|
9 dan 10
|
1. Kajian
Tentang Isu-isu dan masalah social budaya dalam pengajaran IPS MI
-
Tren Globalisasi dan Keragaman Budaya
-
Masalah-masalah lingkungan dan pendidikan lingkungan
-
Masalah hokum dan ketertiban dan kesadaran hokum
-
Masalah-masalah kesadaran hokum dan pendidikan hokum warga Negara.
2. Kajian
tentang masalah dan isu-isu Global
-
Isu perdamaian dan keamanan
-
Isu Demokrasi
-
Isu Bencana Alam (Globar Warning, Gempa, Banjir Dll)
-
Isu Perdagangan Bebas
-
Isu-isu pembangunan
-
Isu-isu lingkungan
-
Isu-isu hak azazi manusia
|
11 dan 12
|
1. Pengembangan keterampilan membaca
-
Pengembangan keterampilan pemahaman
-
Pengembangan keterampilan vokabuler sosial
2. Pengembangan keterampilan partisipasi sosial
-
Pengembangan kepekaan sosial
-
Pengembangan partisipasi sosial
|
13 dan 14
|
1. Metode,
media dan pemamfaatan sumber belajar IPS MI
- Pengertian metode dan media
belajar IPS MI
- Tujuan, Manfaat penggunaan metode
media belajar IPS MI
- Merancang dan menerapkan
metode pembelajaran IPS MI dengan pendekatan Kognitif
- Merancang dan menerapkan
metode pembelajaran IPS MI dengan berlandaskan pendekatan social
- Merancang dan menerapkan
metode pembelajaran IPS MI dengan pendekatan Personal
- Merancang dan menerapkan
metode pembelajaran IPS MI dengan berlandaskan modivikasi prilaku
|
15 dan 16
|
1. Evaluasi pembelajaran IPS MI
- Pengertian pembelajaran
IPS MI
- Manfaat dan tujuan
pembelajaran IPS MI
- Merancang dan menyusun
alat evaluasi secara umum dan proses belajar umum dalam proses belajar IPS MI
- Merancang dan menyusun
alat evaluasi hasil belajar IPS aspek kognitif.
- Merancang dan menyusun
alat evaluasi dan sikap sosial
- Merancang dan menyusun
alat evaluasi keterampilan IPS
2. Ujian
Semester
|
0 komentar:
Posting Komentar